Powered By Blogger

Rabu, 24 Juli 2013


"PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN"


            Ilmu atau ilmu pengetahuan adalah semua usaha guna menyelidiki, menemukan, serta meningkatkan kepahaman manusia dari berbagai hal. Ilmu bukan sekadar pengetahuan, tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu.
            Asal usul ilmu pengetahuan itu sendiri bukan berdasarkan pembagian negara, lintasan sejarah ilmu terbaik mengikuti pembagian kurun waktu dari satu zaman yang terdahulu ke zaman berikutnya, zaman tertua dari pertumbuhan ilmu adalah zaman kuno yang merentang antra tahun kurang lebih 4000 SM-400M. Sejak manusia masih bercocok tanam berpindah-pindah dan berburu untuk cari makan, kemudian muncul peternakan, pertanian. semua ini hasil dari ilmu pengetahuan. Semula manusia harus berjalan untuk pergi ketempat yang jauh, trus di temukan pedati yang ditarik hewan sampai ditemukan mobil, semua ini hasil dari ilmu pengetahuan. Kalau dulu dunia gelap gulita, hanya ada penerangan lampu minyak, trus timbul petromak sampai ada lampu, hingga kalau dulu manusia telanjang gak pakai baju dan celana, sekarang bisa pakai baju dan celana berbagai model, ini juga jasa dari ilmu pengetahuan.

            Ilmu pengetahuan yang telah ada sejak zaman dulu dan kian berkembang. Perkembangan pun dituntut untuk dapat memudahkan maunusia dalam berbagai hal dan telah disesuaikan oleh perkembangan manusia saat ini. Manfaatnya mempermudah aktivitas manusia secara efektif dan efisien.dalam rangka meningkatkan budaya dan taraf hidup yang lebih tinggi. Pada dasarnya ilmu pengetahuan seiring berjalan dengan kehidupan manusia serta bekal akal manusianya sendiri.

Pendidikan bisa saja berawal dari sebelum bayi dilahirkan, seperti dilakukan oleh sebagian banyak orang yaitu, dengan cara memainkan musik dan membaca ketika bayi masih berada di dalam kandungan, dengan harapan ia bisa mengajarkan sesuatu bagi bayi mereka sebelum melahirkan. 

Bagi sebagian orang, pengalaman kehidupan sehari-hari lebih berarti daripada pendidikan formal. Anggota keluarga mempunyai peran pengajaran yang amat mendalam, sering kali lebih mendalam dari yang disadari mereka, walaupun pengajaran anggota keluarga berjalan secara tidak resmi.

Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifes). Mempersiapkan  anggota masyarakt untuk mencari nafkah, fungsi laten lembaga sebagai wadah pendidikan, melalui pendidikan di sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.

education

Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan danya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.



Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Memilih dan mengajarkan peranan sosial.

http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu
http://geografizone.blogspot.com/2011/05/sejarah-ilmu-pengetahuan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar